8 Cara Cerdas Menggunakan Media Sosial untuk Menemukan Ide Bisnis Baru


Media sosial bukan lagi sekadar cara untuk menghabiskan waktu. 
Platform ini dapat membantu Anda menemukan pekerjaan, memasarkan produk Anda, dan terhubung dengan kontak yang berharga. Mereka bahkan dapat memicu ide bisnis.

Alih-alih menelusuri timeline Facebook dan feed Twitter Anda tanpa tujuan, berikut adalah delapan cara cerdas menggunakan media sosial untuk menemukan ide bisnis baru.

1. Cari pertanyaan di subreddits.

Jika Anda sedang mencari ide produk atau layanan teknologi baru, kunjungi situs media sosial berita dan hiburan Reddit  dan mulailah menjelajahi subreddits (area subjek). Secara khusus, orang yang mencari ide bisnis baru harus meninjau subreddit dan menggunakan fitur Ask Me Anything, tempat pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada pakar dan selebritas yang dapat mengungkap ide potensial untuk bisnis kecil atau menengah.

2. Lihat komentar di Pinterest.

Jika bakat Anda terletak pada mengidentifikasi atau menciptakan produk must-have hebat berikutnya, dapatkan akun Pinterest. Situs media sosial berbasis gambar menyediakan aliran gambar baru yang konstan untuk membuat Anda berpikir kreatif tentang ide bisnis baru.

"Dari semua situs media sosial, Pinterest adalah salah satu yang terbaik untuk melihat tren produk panas berikutnya," kata Gail Oliver, konsultan bisnis kecil dan blogger di Attention Getting Marketing. Oliver mengatakan dia melihat banyak pernikahan, dekorasi rumah, dan tren mode lepas landas karena Pinterest.

Pengguna Pinterest dapat memantau komentar tanpa memberi tahu pengguna lain dan melihat pendapat orang tentang setiap pin di seluruh situs. Oliver mengatakan bagian komentar yang sering diabaikan memberikan lebih banyak inspirasi untuk ide-ide baru daripada beberapa situs media sosial lainnya.

"Komentar juga dapat dilihat oleh semua orang, sehingga Anda dapat melihat apa yang dikatakan orang," kata Oliver.

Pinterest baru-baru ini mulai mendukung tagar pada pin, yang merupakan kemenangan bagi pemilik bisnis dan individu yang ingin memulai bisnis. Sekarang Anda dapat memasang tagar yang relevan di bilah pencarian untuk menemukan pin yang relevan dengan cepat. Anda mungkin dapat menemukan pin niche populer yang dapat memicu ide.

3. Temukan jaringan dan aplikasi media sosial di bawah radar.

Untuk sumber konten kaya ide media sosial lainnya yang sebagian besar belum dimanfaatkan, gunakan ponsel cerdas Anda untuk menjelajahi salah satu jejaring sosial seluler yang kurang dikenal atau kunjungi jaringan belanja sosial. Jika aplikasi bukan milik Anda, coba kunjungi beberapa situs sosial khusus untuk mendapatkan inspirasi.

"Saya pikir situs berbagi sosial seperti Wanelo [komunitas belanja dunia online] dan Loverly [didedikasikan untuk berbelanja untuk pernikahan] lebih baik untuk mengidentifikasi peluang bisnis," kata Oliver, karena mereka mengukur minat dan persetujuan orang dengan keseluruhan sistem "suka". , daripada hanya mengukur reaksi pengikut Anda.

4. Periksa pesaing Anda.

Cara diam-diam untuk menemukan ide bisnis baru adalah dengan diam-diam memantau aktivitas media sosial para pemain besar atau pesaing di industri potensial Anda.

"Trik menggunakan media sosial untuk menemukan ide-ide baru dan tetap mengikuti tren saat ini adalah dengan memantau pesaing Anda," kata Matthew Reischer, CEO LegalAdvice.com.

Ketika Anda melihat totalitas keterlibatan dari pesaing pasar Anda, Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pola keseluruhan yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan titik-titik untuk menemukan ide-ide baru, katanya.

"Baca konten pesaing Anda tentang industri dan tweet mereka tentang inisiatif baru di perusahaan mereka," tambah Reischer. "Perhatikan olok-olok sosial di antara semua peserta, dan Anda dapat mulai mengumpulkan pemahaman yang lebih baik tentang ekosistem pasar tempat Anda beroperasi."

5. Perhatikan keluhan.

Media sosial adalah tempat yang tepat untuk mengadu tentang segala hal, termasuk produk dan layanan. Meskipun membaca keluhan mungkin bukan sore yang menyenangkan, jika Anda melihat banyak orang mengeluh tentang hal yang sama, Anda dapat mengidentifikasi celah di pasar.

"Orang tidak selalu tahu apa yang mereka inginkan, tetapi mereka tahu frustrasi apa yang mereka miliki," kata Dayne Shuda, pendiri Ghost Blog Writers. "Indikasi yang baik bahwa Anda tertarik pada sesuatu sebagai seorang pengusaha adalah ketika Anda melihat frustrasi yang sangat umum. Media sosial memberikan kemampuan untuk mengamati hal ini tidak seperti sebelumnya dalam sejarah."

Nicky Barua, salah satu pendiri Nidel Dresses, juga merekomendasikan untuk melihat keluhan dan bagaimana orang menerima berbagai produk yang Anda minati.

"Anda dapat melangkah lebih jauh dan mencari di forum apakah ada pasar besar yang menghadapi masalah yang sama," kata Barua. "Itulah waktu yang tepat untuk menghasilkan ide bisnis Anda dan mencari solusi."

Saat Anda menelusuri umpan media sosial Anda, sadari apa yang Anda lihat dan mulailah mencari tren. Ketika Lilia Karimi, salah satu pendiri Wedwell, sedang mencari ide pernikahan di internet, dia melihat sebagian besar industri pernikahan berfokus pada perencanaan dan penurunan berat badan, bukan kesehatan dan kesehatan emosional. Jadi, dia memutuskan untuk mengisi celah di pasar dan membuat perusahaan yang membawa kesehatan ke industri pernikahan.

"Saya menyarankan orang untuk melihat lebih dekat pada umpan berita mereka dan melihat apakah itu memotivasi dan menginspirasi mereka, dan jika tidak, [putuskan] apa yang ingin mereka lihat lebih banyak," kata Karimi.

7. Cari hashtag dan kata kunci.

Barua menyarankan untuk memulai dengan mencari tagar dan kata kunci yang sesuai dengan ide yang Anda sukai. Umpan balik ini bisa memicu ide baru.

"Pertimbangkan untuk mengikuti tagar utama di Instagram yang relevan untuk industri khusus Anda," tambah Deborah Sweeney, CEO MyCorporation . "Melakukan ini memungkinkan Anda menemukan apa yang dibicarakan audiens target Anda [dan] mengungkap topik tren baru juga."

8. Bergabung dengan grup Facebook.

Grup Facebook semakin populer, dan tambang emas untuk ide bisnis. Temukan dan bergabunglah dengan beberapa grup yang relevan dengan industri yang ingin Anda ikuti, lalu pantau apa yang dikatakan orang-orang dalam grup tersebut.

Mudah-mudahan, orang-orang aktif dalam kelompok dan akan memberi Anda banyak ide. Ketika orang mengeluh, perhatikan poin rasa sakit mereka dan pikirkan cara Anda dapat membantu. Ketika mereka memuji sesuatu, perhatikan dan pikirkan bagaimana Anda bisa menambahkannya.

Grup Facebook besar biasanya mencakup calon konsumen dan pesaing, dan penting untuk mengetahui apa yang mereka semua katakan.

Kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi DariBerita agar mendapatkan informasilebih kenagkap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liburan Tanpa Batasan: Manfaat Menyewa Mobil di Tangerang

Crypto TREND - Edisi Kedua

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Pabrik Kemasan Plastik: Membangun Keseimbangan Antara Keberlanjutan dan Kesejahteraan Masyarakat